Kreatif, SDN Borong Manfaatkan Barang Bekas

Jurnalreporter.com, Makassar — Murid-murid SD Negeri Borong menampilkan karya unik saat sekolahnya ikut dalam kegiatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar di Lapangan Hasanuddin, Minggu, (17/2/2019).

Acara ini dilakukan dalam rangka kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Muhajir Efendi di Sulawesi Selatan.

Dalam pameran itu, murid-murid SDN Borong menampilkan puisi rupa, yakni perpaduan antara puisi dan seni rupa. Uniknya lagi, puisi rupa tersebut dibuat dalam bentuk berbagai tampilan kreatif hasil daur ulang.

Kepala SDN Borong, Dra Hj Hendriati Sabir menjelaskan, puisi-puisi itu menjadi bagian dari berbagai barang bekas, seperti piring, gelas, raket bulu tangkis, pengalas papan ujian, dan bets ping pong.

“Pembuatan karya daur ulang dilakukan atas bimbingan Nuraeni, guru kelas 1A SDN Borong. Dan banyak bertanya-tanya apa itu puisi rupa,” ujarnya.

Lebih dari 10 karya yang ditampilkan, dengan tema puisi berkaitan dengan Sekolah Adiwiyata dan lingkungan hidup pada umumnya.

Judul-judul puisi yang ditulis oleh anak-anak, antara lain, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Hidup, Laut, Hujan, dan Sekolahku Tidak Kotor.

“Sebutan puisi rupa supaya puisi itu bisa menarik secara visual ketika dibaca oleh pengunjung,” jelas Rusdin Tompo, fasilitator anak di SDN Borong.

Rusdin, yang juga penulis puisi itu mengatakan bahwa mereka memang memotivasi anak untuk kreatif, baik dalam bidang tulis-menulis, seni rupa, dan bidang-bidang lain.

Katanya, di sekeliling anak itu ada banyak sumber ide, termasuk limbah sampah, tinggal bagaimana mereka mengubahnya menjadi karya seni.(red/ris)

Sharing is caring!

Add Comment