Melalui MBC Mahasiswa Diharap Jadi Pebisnis Sapi

by -4 views

Jurnalreporter.com, Makassar — Maiwa Breeding Center (MBC) Univeristas Hasanuddin (Unhas) sebagai industri pengembangan sapi dinilai akan berdampak positif bagi mahasiswa.

Sebab, dalam teaching industri, mahasiswa yang melakukan proses pembelajaran tidak hanya berbasis laboratorium, tetapi berbasis industri. Sehingga, mahasiswa yang belajar di MBC akan diarahkan menjadi seorang profesional di bidang pengembangan dan produksi sapi.

“Mahasiswa yang keluar dari sini akan siap pakai,” ujar Kepala Maiwa Breeding Center, Syahdar Baba, di Gedung Iptek Unhas, Senin (4/2/2019)

Artinya kata dia, mahasiswa sudah tahu bagaimana bekerja di industri. “Kalau dulu mahasiswa praktek, pelihara sapi cuma 2 ekor, 5 ekor. Sekarang pelihara sapi 600 ekor. Jadi SOP-nya harus dia paham. Begitu jadi sarjana nantinya, kompetensinya bukan sekedar bisa, tapi betul-betul berstandar bisnis,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Peternakan, Prof Lellah Rahim menambahkan, saat ini pusat perbibitan sapi di Maiwa telah memproduksi bakso kemasan, daging premium, dan industri pakan.

“Kita sudah menghasilkan bakso, daging premium, dan bahkan sudah punya indusri pakan. Jadi, harapannya kedepan akan ditingkatkan, menaikkan menjadi industri, namun didalamnya tetap terjadi proses pembelajaran,” kata Prof Lellah.

Untuk mewujudkan MBC sebagai teaching industri tersebut, Prof Lellah Rahim mengatakan telah bekerja sama dengan pemerintah daerah, yakni Kabupaten Enrekang, Soppeng, Barru, dan Bone.

Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai dinas terkait di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Semua kerja sama itu dilakukan untuk memastikan MBC bisa menjadi industri pengembangan dan perbibitan sapi di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu berharap pengembangan teaching industri MBC menjadi model bagi fakultas lainnya. Dia menyatakan apresiasinya kepada berbagai pihak, khususnya Fakultas Peternakan dan Kemenristekdikti sendiri yang telah membantu dan mendukung pengembangan MBC sebagai teaching industri.

Kata dia, Teaching industry pembibitan sapi MBC ini merupakan program andalan Unhas. Saat ini Unhas telah memiliki tiga lokasi pembibitan, yaitu di Enrekang, Barru, dan Soppeng dengan target pemasarannya adalah hingga 1 ton per bulan.

“Saya berharap ini akan menjadi contoh bagi semua fakultas, untuk mengembangkan sesuai keilmuan masing-masing,” kata Prof Dwia.(red/Ris)

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *