Sampah Plastik di Laut Picu Kanker

Jurnalreporterccom.com, Makassar, –– Makassar –Sampah plastik yang dibuang ke laut, bukan hanya merusak ekosistem laut, tetapi juga dapat memicu penyakit kanker bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan, Winarni Monoarfa, selaku Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Pusat dan Daerah di Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

“Mikro plastik dari hasil pelapukan sampah plastik yang termakan ikan bisa menyebabkan penyakit kanker, jika ikan itu dikonsumsi manusia,” katanya saat hadir di acara Peringatan Hari Kanker Sedunia, di Gedung CPI Makassar, Jumat (8/2/2019).

Lanjutnya, sampah plastik yang dibuang ke laut umumnya mengandung mikro plastik, dapat dimakan oleh ikan dan menjadi salah satu sumber racun karsinogen.

” Jika dikonsumsi oleh manusia, dalam jangka panjang, akumulasi dari mikro plastik ini bisa berubah menjadi racun dan dapat menimbulkan penyakit yang serius bagi manusia dan keturunannya,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, melalui peringatan kanker sedunia ini, bisa menanamkan rasa kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian laut.

“Sulawesi Selatan masuk kategori pengguna plastik terbanyak di Indonesia. Karena itu dengan peringatan hari kanker sedunia ini, masyarakat bisa lebih tegas lagi untuk mengurangi plastik,” tuturnya.

Sekadar diketahui, peringatan hari kanker sedunia yang tahun ini diselenggarakan di Kota Makassar, bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa kanker dapat dikendalikan bersama dan dimulai dari diri sendiri. (Ris)

Sharing is caring!

Add Comment